29 April 2015

TABLIGH AKBAR TAUHID PRIORITAS PERTAMA DAN UTAMA


Bersama Fadhilatush Syaikh Abdurrozaaq Al Badr
15 Maret 2015, Masjid Istiqlal Jakarta

·         Amalan hanya diterima Allah jika hanya di dasari tauhid. Amalan akan hapus tatkala tidak ada tauhid. Tidak ada yang menghalangi amalan kecuali ke kufuran. Hanya untuk Allah agama yang lurus. Janganlah beribadah kecuali untuk Allah.
·         Tauhid adalah hak Allah kepada hamba. Yang mengamalkan akan beruntung di dunia dan akhirat. Begitu sebaliknya. Sebagaimana perkataan Muadz bin Jabbal saat dibonceng oleh rasulullah yang kala itu rasulullah menjelaskan hak hak Allah kepada hamba dan hak-hak hamba kepada Allah. Ini keagungan tauhid..maka akan mulia di dunia dan akhirat  dan sebaliknya. Barangsiapa yang keluar dari tauhid maka telah keluar dari kemuliaan. Maka harus lebih utama dalam tujuan dan orientasi hidupnya. Keadaan hakiki tidak akan diperoleh oleh orang yang tidak menegakkan ketauhidan di muka bumi.
·         Barangsiapa yang tidak bertauhid maka akan timbul cerai berai segala urusannya, seluruh perkaranya sia-sia dan hatinya galau sebagaimana firman Allah:” Hatinya tidak tenang, urusan rusak. Ketenangan dan kesempurnaan hidup manusia  hanya dapat diraih dengan cara  mentauhidkan Allah.
·         Tauhid adalah agama Allah. Seluruh aqidah yang bukan dari Allah tetapi dengan manusia yang membuatnya adalah dari ra'yu dan perasaan. Aqidah di permukaan bumi dari Allah dan dari manusia. Yang bukan dari Allah maka Allah tidak terima. Sebagaimana  dakwah Nabi Yusuf di penjara bersama sahabatnya.”Sesungguhnya yang kau ibadahi adalah yang dibuat oleh orang tua mereka.” Demikian juga dal QS Al Furqon tentang kisah manna yang dikatakan sebagai laki laki dan perempuan. Agama yang mulia yakni yang mentauhidkan Allah dan mengikhlaskan ibadahnya untuk Allah semata.
·         Perkara tauhid, agama yg sangat sesuai dengan akal sehat. Akal sehat meyakini bahwa Dia tidak ridha dengan tandinganNya seperti pohon dan kuburan. Manusia diberikan dengan akalnya yang sehat tidak akan membuat tandingan kepada Allah. Zaid bin Amr Mufazid seorang  jahiliyah berkisah tentang tauhid, kambing berasal dari Allah dan air juga berasal dari Allah. Tapi mengapa mereka tidak menyembah Allah.  Lalu Rasulullah berkata Zaid bin Amr Mufazid akan di bangkitkan menjadi umat yang besar yang mentauhidkan Allah. Jadi, hilangnya ketauhidan pada seorang hamba maka rusaklah akalnya sebagaimana para pemuja kuburan dan pepohonan.
·         Bahwasanya hamba tidak akan aman dan tenang serta bahagia kecuali yang bertauhid. Dalam Alquran dikisahkan tentang Lukman bertanya pada anaknya tentang syirik kepada Allah.Dan Kedzaliman terbesar adalah syirik kepada Allah. Dzalim adalah mencampuri ibadah dengan kesyirikan.. Allah menggantikan ketakutan dengan keamanan dengan syarat beribadah hanya dengan mentauhidkan Allah. Allah akan hadirkan pemimpin yang baik hanya dengan menegakkan tauhid..
·         Tauhid merupakan kebaikan dan kemuliaan yang terbaik dan termulia secara mutlak. Seluruh kebaikan hanya terhenti apabila tidak didasari tauhid. Syirik merupakan keburukan yang paling buruk. Sesungguhnya adanya syirik menyebabkan tidak diterima dan menghapuskan amalan
·         Tauhid adalah kunci sedang pintunya adalah syurga. Oleh karenanya tidak  akan terbuka pintu syurga apabila tanpa tauhid. Manusia kafir tidak  akan dibukakan pintu langit. Ibarat unta masuk lubang jarum. Ini asas dan pondasi sangat agung dalam ajaran islam.
·         Tauhid memiliki faedah dan keutamaan banyak. Seluruh kebaikan dan keberkahan hanya dengan tauhid.

HAKEKAT TAUHID

·         Tauhid maknanya mengesakan Allah, menjadikan Allah dalam sifat dan hak hak Allah. Kekhususan yang hanya dimiliki Allah adalah  Dia yang mencipta, yang mengatur, menjaga, mematikan serta memuliakan. Seluruh perintah, seluruh makhluk akan tunduk pada atūran Allah, Dia yang membuat hamba itu pada keadaan kaya, atau miskin, tertawa atau menangis. Barangsiapa yang mengalihkan hak hak Allah maka telah mensekutukan,  dan telah membatalkan tauhid.
·         Diantara keputusan Allah adalah nama-nama Allah dalam al quran ayat asma ul huzna.. Didalamnya terdapat nama mulia maka berdoalah dengan menyebutNya, Biarkanlah yang melenceng akan diberi balasan. Siapa berdosa dan asmanya maka Allah akan terima. Jangan buat buat nama yang menyamai Allah. Kita tetapkan nama dan sifatnya untuk Allah sebagaimana Allah tetapkan. Dan beriman kepada rasulullah sebagaimana maksud rasulullah beriman. Dilarang beriman melampui batas. Barangsiapa yang menyamakan Allah dengan yang bukan untuk Allah maka dia menyimpang dan membatalkan tauhidnya.
·         Hak Allah yang paling agung adalah agar manusia hanya beribadah dan mengikhlaskan ibadahnya pada Allah.. sebagaimana firman Allah sesungguhnya shalatku, ibadahku, shalatku, hidup dan matiku hanya untuk Allah. Hal ini mengandung makna bahwa wajib bagi hamba untuk mengesakan Allah. Tidak boleh berdoa, menyembelih, bernadzar kepada selain Allah dan harus mengikhlaskan dan mencari ridha Allah. Maka barangsiapa yang berdoa diakhir hayat selain untuk Allah maka pasti masuk neraka.
·         Tauhid makna laa illa ha illa llah. Dalam kalimat ini terdiri dari nafi /menafikkan dan isbath/menetapkan. Kedua-duanya harus ada dan menyatu. Mengesakan ketaataan yakni memperhatikan ucapan, makna dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam setiap dzikir ada tauhid. Setelah shalat ada 3 dzikir lailla ha illa llaah. Kita memperbaharui tauhid dengan dzikir. Tiap dzikir memperkuat  ketauhidan. Tauhid menjauhi pola orang kafir walau kita dibencinya. Tauhid adalah suci .Hanya untuk Allah agama yang khalis atau bersih. Definisi tauhid. Tidak ibadah kepada Allah, hanya kepadanya kita beribadah dan khalis semata untuk Allah. Dan kita wajib amalkan dan kita perhatikan dalam setiap doa
·         Kita akan paham bahwa tauhid terdiri dari 3 pondasi: meyakini yang memberi rezeki, yang mematikan dll, tauhid sifat  dan asmanya, dan beribadah hanya untuk Allah. Ada yang bertolak belakang atau bermusuhan dengannya. Yakni menyandarkan kepada selain Allah yang mengatur, memberi rezeki.melawan asma wa sifat ada dua yaitu pertama,  mengingkari nama dan sifat. Kedua menyamakan Allah dengan makhlukNya. Barangsiapa memalingkan sesuatu kepada selain Allah maka dia telah mensekutukan dan menghancurkan tauhidnya.
·         Kita benar benar serius masalah tauhid dengan cara mengamalkan sehari hari. Ini masalah yang paling besar dan menyempurnakan tauhid sehingga akan di masukkan ke syurga tanpa azab dan hisab. Sebagaimana sabda rasul bahwa ada 70000 orang yang masuk syurga tanpa hisab yakni orang yang tidak thathayur, tidak mintapengobatan dengan key, tidak meminta diruqyah. Agar bias masuk syurga tanpa hisab caranya jauhkan dari syirik, jauhkan dari bid'ah dan maksiyat.
·         Yang merusak tauhidketahudian ada dua macam, yakni ada yang membikin tauhid kurang dan ada yang membatalkannya. Berkurang dari kesempurnan tauhid.
·         Dia menjauhkan dari penghalang tauhid. Yang berhasil tauhid maka dia yang berhasil mencapai ridha Allah
·         Penjagaaan maksiyat yakni menjauhi dan menghindari
·         Sisi nawaqiq pembatal tauhid dan menghaguskan tauhid : syirik akbar yaitu menyamakan selain Allah sama dengan Allah dalam perkara-perkara kekhususan Allah dan hak-hak hanya milik Allah. Penduduk neraka menjerit  karena membatalkan tauhid. Saat di dunia menyamakan Allah, sebagaimana orang kafir menyamakan sesuatu dengan Allah dan itu membatalkan tauhidnya.
·         Kufur akbar yakni mendustakan Allah dan rasulullah atau yang dari Allah dan rasulNya. Tauhid seorang hamba akan gugur disebabkan kesombongannya, kayak iblis saat menolak sujud pada adam. Berpaling dari mempelajari ilmu Allah, tidak mau mendengar. Kita ragu kepada apa yang datang dari Allah.
·         Hal yang membatalkan tauhid, adalah munafik akbar. Munafik adalah kekufuran. Munafik tempatnya dalam neraka paling bawah, dhahir beriman tapi dadanya menyimpan kekafiran. Jika ketemu orang beriman mengaku beriman, jika bersama setan mereka maka akan ikut setan.
·         Sedangkan  nifaq termasuk kufur kecil yang akan mengurangi tauhid dari kesempurnaan. Syirik kecil yang tidak sampai menyebabkan pelakunya jatuh pada syirik besar, misal bersumpah selain Allah. Atau perkataan Allah dan juga kau, kalau tidak ada pelaut kita tenggelam. Kekufuran kecil contohnya sabda rasulullah : dua golongan umatku yang terjatuh dalam kekufuran yakni berbangga nasab dan menghujat orang lain karena nasab. Nifaq kecil, bicara dusta, janji tidak tepati, diberi amanah maka khianat itu pertanda kena penyakit syirik kecil, maka bagi muslim harus berhati-hati menjaga tauhid. Kita berharap ketemu Allah dengan tauhid yang sempurna.
·         Dalam Alquran ada keterangan tentang tauhid dengan sempurna, Sebagai hujjah. Sesuatu yang sangat agung ada dalam al quran, ayat kursi sebagai surat yang paling agung, al Iikhlas semua ada keterangan sempurna tauhid, al Baqarah dan al fatehah. Menyempurnakan ketauhidan dengan al quran. Al quran adalah intisari kitab dan inti sari dakwah seluruh nabi adalah tauhid. Rasul bersabda : Kami para nabi ibarat saudara satu ayah, tapi berlainan ibu –bunya, setiap kalian kami jadikan syariat dan manhaj-manhaj.

·         Memahami dan mempraktekkan tauhid melebihi dari pada makan dan minum serta kebutuhan dunia. Karena akhirat berdiri atas ketauhidan.

Tidak ada komentar: